Daftar Email Gmail Yahoo Baru Indonesia

Email merupakan salah satu sarana dalam mengirimkan surat ke kerabat ataupun teman anda dalam bentuk elektronik ataupun digital. Email atau dalam bahasa Indonesia berarti Surel (Surat Elektronik) ini memiliki fungsi yang sangat penting di dalam perkembangan teknologi saat ini. Karena saat ini hampir seluruh aplikasi ataupun software baik itu yang bersifat sosial media, aplikasi chatting, dan bahkan aplikasi permainan (game) pun saat ini juga harus menggunakan surat elektronik ataupun yang disebut dengan email tersebut.

Dalam cara daftar email ini banyak sekali cara yang digunakan karena memang email terdapat berbagai macam. Saat ini situs penyedia layanan email sudah banyak sekali. Salah satunya adalah Google Mail yang merupakan penyedia layanan email yang paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Selain Google Mail atau yang sering disebut sebagai Gmail yang merupakan situs layanan penyedia email paling banyak digunakan oleh masyarakat, ada pula Yahoo Mail atau yang sering disebut dengan Ymail yang merupakan situs layanan penyedia mail pertama di Indonesia.

Membuat email ini caranya tidak cukup sulit bahkan dinilai sangat mudah sekali dalam pendaftaran email baru. Hanya dengan bermodalkan nomor handphone yang masih aktif, anda bisa membuat email baik itu Gmail maupun Ymail dengan mudah dan juga memiliki kapasitas yang cukup banyak, bahkan hingga saat ini belum ada orang yang jumlah emailnya mampu melebihi jumlah kuota database yang disediakan.

Untuk Google Mail atau Gmail biasanya menyediakan kuota database maksimal 15 GB dan kuota tersebut sudah termasuk Google Drive yang merupakan aplikasi lain dari Google untuk memasukkan dokumen secara virtual. Berbeda dengan Gmail yang menyediakan kuota database yang terbatas, yahoo mail yang sebelumnya sangat terkenal di Indonesia ini menghadirkan layanan email dengan kapasitas yang tidak terbatas atau yang disebut dengan unlimited.

Secara kapasitas database yang dihadirkan, memang yahoo mail atau ymail ini memiliki kapasitas yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan gmail. Hal itu dilakukan yahoo demi untuk masyarakat agar membuat email di situs layanannya. Tetapi kenapa orang saat ini banyak yang menggunakan Gmail dibandingkan dengan Ymail? Hal itu karena Gmail yang merupakan layanan penyedia email yang dibuat oleh Google ini memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi dibandingkan dengan Yahoo bisa dibilang mudah untuk dibobol.

Jika dilihat dari sisi kemudahan dalam membuat email, Yahoo Mail dan Google Mail ini memiliki tingkat kemudahan yang sebanding. Memang membuat email baru ini sangat mudah bahkan dan tidak perlu banyak syarat untuk membuat email yang posisinya sangat sentral tersebut.

Langsung saja untuk mengetahui cara mendaftar email baru yang gratis dan mudah, kita bisa melihatnya dalam tutorial di bawah ini. Untuk tutorial pertama ini kita akan memberikan cara membuat email baru dengan Google Mail atau Gmail dengan mudah. Cara-caranya adalah sebagai berikut.

Cara Daftar Email Baru Gmail


  1. Hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah buka situs gmail dengan cara ketik gmail.com di address bar browser anda

  2. Setelah itu, maka anda akan langsung disuguhkan halaman login gmail. Apabila ingin mendaftar email baru, silahkan anda klik tulisan “Buat Akun” atau dalam bahasa inggris “Create Account” di bagian bawah halaman login
    Cara Membuat Email Gratis Baru Lengkap

  3. Maka otomatis anda akan langsung dibawa pada halaman daftar email baru. Langsung anda isi form-form yang disediakan disitu.

  4. Untuk form nama depan dan nama belakang silahkan isi dengan nama anda.

  5. Pada kolom “Pilih Nama Pengguna Anda” itu berarti anda akan memasukkan alamat email yang akan anda buat. Biasanya jika anda klik kolom tersebut, anda langsung diberikan saran alamat email yang akan anda buat.

  6. Pada kolom Buat Sandi, silahkan anda memasukkan passoword anda yang cukup rumit dengan menggabungkan karakter-karakter tertentu serta mudah diingat.

  7. Pada kolom Konfirmasi Sandi Anda, silahkan anda masukkan password yang sama dengan password yang sudah anda buat di atas

  8. Pada kolom tanggal lahir silahkan anda masukkan tanggal lahir anda baik itu tanggal, bulan, dan juga tahun

  9. Pada kolom Gender silahkan masukkan jenis kelamin anda apakah anda Pria (Male) ataupun Wanita (Female)

  10. Pada kolom Ponsel, silahkan masukkan nomor HP anda. Hal yang perlu anda ingat nomor HP anda tersebut harus masih aktif dan sedang anda pakai sekarang ini. Karena untuk keperluan verifikasi email baru anda yang harus dilakukan oleh nomor handphone.

  11. Untuk kolom alamat email anda saat ini sebaiknya anda kosongi saja apabila anda sebelumnya belum memiliki email. Namun jika anda sebelumnya sudah memiliki email, anda juga bisa mengisi kolom tersebut dengan alamat email anda.

  12. Pada bagian buktikan bahwa anda bukan robot, silahkan anda ketik teks ataupun nomor ataupun kode yang terdapat pada kolom verifikasi chapta tersebut

  13. Untuk lokasi, anda bisa mengaturnya sesuai dengan negara yang saat ini anda tinggali

  14. Setelah itu silahkan anda centang kolom checklist yang terdapat di samping tulisan “Saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi Google

  15. Jika sudah anda isi seluruh kolom yang terdapat disana, silahkan anda klik “Langkah Berikutnya

  16. Selanjutnya anda akan disuguhkan menu verifikasi akun Gmail anda menggunakan nomor HP yang sudah anda masukkan dalam langkah buat akun sebelumnya. Pada langkah ini anda dianjurkan untuk memilih pemberitahuan kode verifikasi melalui SMS ataupun Telepon. Jika anda memilih mendapatkan kode verifikasi melalui SMS, silahkan checklist bagian Pesan Teks (SMS). Namun jika anda memiliki mendapatkan kode verifikasi melalui telepon, anda bisa checklist bagian Panggilan Suara. Setelah itu klik lanjutkan
    Cara Membuat Email Gratis Baru Lengkap

  17. Selanjutnya silahkan anda cek hp yang anda daftarkan di gmail pada langkah sebelumnya. Jika belum mendapatkan SMS / Telepon yang berisikan kode verifikasi gmail, maka sebaiknya anda tunggu 10 menit. Jika masih tidak mendapatkan kode verifikas silahkan klik coba lagi. Namun jika sudah mendapatkan kode verifikasi, langsung saja anda masukkan ke kolom yang disediakan disana. Setelah itu langsung saja klik Lanjutkan
    Cara Membuat Email Gratis Baru Lengkap
  18. Setelah itu, biasanya anda akan langsung ditujukan pada halaman tambahkan foto profil. Jika anda tidak bersedia menambahkan foto profil anda, maka silahkan klik “Langkah Berikutnya
    Cara Membuat Email Gratis Baru Lengkap

  19. Dan selamat, daftar email baru anda sudah berhasil dan akun gmail baru anda sudah berhasil dibuat
Itulah langkah-langkah yang bisa anda lakukan dalam membuat email baru anda dengan gmail. Untuk tutorial berikutnya, kami juga akan membagikan tutorial cara membuat email yahoo yang pastinya gratis dan juga sangat mudah. Sebenarnya dalam cara-caranya tidak banyak berbeda dengan cara buat email baru dengan gmail. Namun dalam membuat email yahoo ini langkah yang harus anda lakukan diketahui lebih sedikit jika dibandingkan dengan membuat email baru menggunakan gmail. Oke, langsung saja untuk mendaftar email menggunakan Yahoo Mail ini, bisa anda lihat dalam tutorial sebagai berikut.

Cara Daftar Email Yahoo Mail

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam membuat email yahoo ini adalah dengan membuka link berikut https://login.yahoo.com/?.src=ym&.intl=id&.lang=id-ID&.done=https%3a//mail.yahoo.com

  2. Dengan mengeklik link tersebut, maka anda akan langsung ditujukan kepada halaman login akun yahoo mail. Apabila anda belum memiliki akun yahoo, anda bisa klik tulisan “Daftar untuk account baru” di bagian bawah atau bisa kami tunjukkan dengan gambar di bawah ini
    Cara Membuat Email Gratis Baru Lengkap

  3. Setelah itu, maka anda akan langsung disajikan form-form untuk membuat akun anda
    Cara Membuat Email Gratis Baru Lengkap

  4. Pada kolom nama depan dan kolom nama belakang silahkan anda isi sesuai dengan nama depan dan nama belakang anda.

  5. Pada kolom nama pengguna yahoo, silahkan anda ketikkan nama email anda. Tetapi biasanya ketika anda klik kolom tersebut, anda langsung diberikan saran tentang alamat email yang akan anda buat.

  6. Pada kolom Sandi, silahkan masukkan kata sandi anda. Buatlah kata sandi dengan serumit mungkin namun mudah diingat. Dalam membuat kata sandi atau password, sebaiknya anda menggabungkan berbagai karakter agar tidak gampang terdeteksi oleh penjahat dunia maya.

  7. Selanjutnya pada kolom Nomor Ponsel silahkan anda isi dengan nomor hp anda dan pastikan nomor tersebut aktif dan sedang anda gunakan saat ini. Karena nomor HP tersebut bertujuan untuk dijadikan sebagai media verifikasi akun anda.

  8. Setelah itu, silahkan anda mengisi kolom Tanggal Lahir dengan tanggal lahir anda. Pastinya tanpa dijelaskan secara detail anda akan mengerti dengan sendirinya.

  9. Di bawahnya teradapat kolom Laki-laki dan Perempuan. Dalam hal ini anda diwajibkan untuk mengisi jenis kelamin anda apakah anda laki-laki ataupun perempuan.

  10. Selanjutnya terdapat nomor pemulihan opsional. Hal itu berarti anda disuruh memasukkan nomor ponsel yang bisa anda gunakan saat anda lupa kata sandi maupun dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengisinya dengan nomor yang sudah anda masukkan pada kolom atas. Tetapi karena kolom ini bersifat opsional, anda juga bisa membiarkan kolom ini kosong saja.

  11. Di bawah pastinya terdapat checkbox yang disampingnya terdapat tulisan “Saya menyetujui ketentuan Yahoo dan Privasi”. Hal ini berarti anda diwajibkan untuk centang checkbox tersebut apabila anda menyetujuinya. Dalam membuat akun email, anda harus menyetujui persyaratan tersebut. Karena apabila tidak anda centang, maka anda tidak bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

  12. Selanjutnya apabila anda sudah melakukan semua langkah-langkah di atas, maka langsung saja anda klik “Buat Account

  13. Langkah berikutnya anda harus memverifikasi kode chapta yang dihadirkan. Jika dirasa sudah benar, maka langsung saja anda klik “Kirim Kode
    Cara Membuat Email Gratis Baru Lengkap

  14. Setelah itu anda diwajibkan untuk memasukkan kode verifikasi yang sudah dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon yang anda masukkan tadi saat mendaftar. Jika anda sudah menerima kodenya, maka langsung saja anda masukkan kode tersebut di kolom yang telah disediakan. Lalu klik “Kirim Kode
    Cara Membuat Email Gratis Baru Lengkap

  15. Selamat, akun email yahoo anda sudah berhasil dibuat.
Demikian cara membuat email gratis yang bisa kami hadirkan untuk anda. Dengan adanya infromasi dari kami kali ini semoga semakin menambah pengetahuan anda dalam membuat surat elektronik atau email. Karena email tersebut sangat penting dalam kehidupan modern saat ini. Dan semoga informasi dari kami di atas bisa bermanfaat bagi kita semuanya.