Cara Membuat Blog Gratis Sendiri

Saat ini dunia Blogging semakin ramai karena sudah banyak masyarakat yang sangat tergiur dalam dunia blogging ini. Hal itu karena blog ini mempunyai banyak manfaat. Selain sebagai media informasi yang merupakan tujuan dari blog sebenarnya, blog ini ternyata juga bisa anda gunakan untuk untuk mencari uang. Bagaimana bisa? Ya tentu saja bisa karena sudah banyak yang mengetahui bahwa dengan memiliki blog maka bisa anda gunakan untuk mencari uang baik itu melalui iklan, kontes, dan lain sebagainya.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara membuat blog gratis agar anda mengerti dan memahami bagaimana cara membuat blog sendiri. Saat ini semakin banyak situs yang menyediakan layanan penyedia blog. Namun diantara banyaknya situs tersebut, Blogger dan juga Wordpress tetap tidak tersaingi dengan banyaknya situs-situs baru yang mengikuti jalannya sebagai situs layanan penyedia blog gratis.

Karena itulah, kami pada kesempatan kali ini ingin membagikan cara membuat blog di blogger dan juga cara membuat blog di wordpress yang akan kami jelaskan langkah-langkahnya secara detail. Langsung saja untuk mengetahui cara membuat blog yang menarik dan juga secara gratis, dapat anda lihat dalam tutorial di bawah ini.

Cara Membuat Blog di Blogger

Dalam cara membuat blogspot yang akan kita bagikan kali ini, hal yang perlu anda ingat bahwa anda diharuskan untuk mempunyai akun Gmail. Karena akun Gmail atau Google Mail tersebut merupakan dasar bagaimana anda bisa terhubung di semua situs Google. Dalam artian bahwa Gmail tersebut juga termasuk akun Google dan tidak terkecuali juga termasuk Blogger yang merupakan salah satu situs yang dikelola oleh Google. Untuk cara membuat gmail tersebut bisa anda lihat postingan kami lainnya yaitu cara membuat email gratis sendiri. Oke, langsung saja tanpa panjang lebar anda bisa melihat tentang cara membuat blog gratis di Blogger dalam tutorial sebagai berikut.

1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuka halaman blogger yakni di http://www.blogger.com

2. Jika anda sebelumnya belum memiliki blog yang berasal dari blogger, maka biasanya anda dengan membuka link di atas akan menuju ke halaman login gmail. Jika anda belum memiliki akun gmail, silahkan anda membuat akun gmail terlebih dahulu dengan melihat tutorial cara membuat email gratis yang sudah kami bagikan pada postingan sebelumnya. Namun jika anda sudah memiliki akun gmail, maka silahkan anda isi kolom yang sudah disediakan disana dengan email dan juga password gmail anda. Setelah anda isi, langsung saja anda klik “Sign In” atau “Masuk”.
Cara Membuat Blog Gratis Sendiri

3. Setelah itu, maka anda akan disajikan link dashboard Blogger. Karena tutorial kali ini kami ingin menunjukkan cara membuat blog sendiri melalui Blogger, maka untuk membuat blog baru silahkan anda klik tombol “Buat Blog Baru” yang terdapat di pojok kiri atas halaman dashboard.
Cara Membuat Blog Gratis Sendiri

4. Selanjutnya akan otomatis akan muncul halaman buat blog baru. Disana anda disediakan berbagai kolom yang bisa isi sesuai dengan blog yang ingin anda buat. Untuk penjelasan secara detail tentang kolom-kolom tersebut bisa anda lihat sebagai berikut.
Cara Membuat Blog Gratis Sendiri
  • Judul : Pada form judul ini bisa anda isi dengan judul blog yang bisa anda buat. Misalnya saja anda ingin membahas blog yang terkait dengan game, maka anda bisa buat judul “Blog Belajar Bahasa Inggris Otodidak”.

  • Alamat : Pada form ini anda diajurkan untuk membuat alamat blog anda tersebut. Jika anda isi dengan alamat blog yang anda inginkan, maka pada nantinya akan diberi lanjutan secara otomatis dengan nama .blogspot.com. Dalam menentukan alamat ini sebaiknya yang berhubungan dengan tema blog yang akan anda buat. Contohnya saja jika anda akan membuat blog dengan tema Tutorial Game Pc, maka anda sebaiknya alamat blog dengan nama belajarbahasainggris-otodidak.blogspot.com.

  • Template : Dalam memilih template ini anda bisa memilihnya sesuai dengan selera anda. Anda juga dapat memilih template yang sudah direkomendasikan oleh Blogger. Namun langkah ini sebenarnya tidak begitu penting dalam cara membuat blog keren dengan Blogspot, karena pada nantinya anda juga bisa menggantinya dengan berbagai template baru yang bisa anda dapatkan dari Google.
5. Setelah anda isi semua form yang disediakan disana, maka langsung saja anda klik tombol “Buat Blog
Cara Membuat Blog Gratis Sendiri


6. Selanjutnya anda akan dihadirkan halaman pengelolaan blog baru anda. Dalam hal ini maka blog anda sudah selesai dibuat. Dan untuk melihat tampilan blog anda bisa anda klik “Lihat Blog” yang terdapat disana.

7. Selamat, blog baru anda telah berhasil dibuat
Cara Membuat Blog Gratis Sendiri


Begitulah cara membuat blog di blogger ataupun juga bisa disebut sebagai cara membuat blog di google karena Blogger merupakan salah satu fitur layanan yang dihadirkan oleh Google.

Dalam cara membuat blogspot tersebut, hal yang paling sentral adalah Judul Blog serta Alamat Blog yang anda buat. Sudah sedikit dibahas pada tutorial di atas bahwa dalam membuat blog pastikan alamat blog yang anda buat sesuai dengan topik postingan yang akan anda hadirkan di dalam blog baru anda tersebut. Selain itu, dalam membuat alamat blog, pastikan juga sesuai dengan judul blog anda. Jangan sampai melenceng jauh karena jika melenceng akan berpengaruh kepada kehidupan blog anda kedepan.

Sudah disebutkan pula contoh dari pembahasan kali ini yaitu pada contoh pembuatan blog di atas kami akan membuat blog dengan topik belajar bahasa inggris otodidak, maka kami juga membuat alamat blog menjadi belajarbahasainggris-otodidak.blogspot.com.

Kenapa harus terdapat tanda strip ( - ) disana? Hal itu karena kita menyesuaikan dengan keadaan. Sebelumnya kami sempat mencoba memakai alamat belajarbahasainggris.com, namun ternyata alamat tersebut sudah dipakai oleh salah satu pengguna blogger lainnya. Cara melihat alamat tersebut sudah digunakan oleh orang lain ataukah belum adalah jika anda ketik alamat tersebut dan anda enter, maka akan langsung otomatis muncul tulisan “alamat tidak tersedia” dengan berwarna merah. Namun jika anda ketik alamat tersebut lalu berwarna hijau dan hadir dengan tulisan “alamat tersedia”, maka hal itu berarti alamat tersebut bisa anda daftarkan sebagai blog anda.

Setelah gagal dalam alamat belajarbahasainggris.blogspot.com, kami mencoba berinovasi dengan menambahkan kata otodidak disana dan menjadi belajarbahasainggrisotodidak.blogspot.com. Namun kami merasa alamat tersebut terlalu panjang untuk digandeng-gandeng. Maka opsi yang terakhir kami berinovasi untuk menyisipkan tanda strip ( - ) disana dan menjadi belajarbahasainggris-otodidak.blogspot.com. Begitulah cara memilih alamat blog apabila alamat yang sudah anda rancang sebelumnya sudah digunakan oleh orang lain.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa selain Blogspot yang menjadi layanan penyedia blog paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini, juga terdapat Wordpress yang menjadi situs penyedia layanan blog paling banyak digunakan oleh blogger-blogger profesional yang sudah mahir dalam mengelola suatu blog tersebut. Hal itu karena mengelola blog wordpress ini tidaklah mudah dan harus memperhatikan berbagai hal tertentu. Namun dalam cara membuat blog di Wordpress pastinya tidak terlalu sulit jika dibandingkan dengan cara membuat blogspot yang sudah kami bahas pada tutorial di atas.

Langsung saja untuk mengetahui cara membuat blog di Wordpress Gratis dan mudah bisa anda lihat dalam tutorial beserta langkah-langkahnya secara detail yang bisa anda lihat dalam tutorial cara membuat blog di Wordpress di bawah ini.

Cara Membuat Blog di Wordpress

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka url halaman Wordpress Indonesia yaitu dengan mengetik http://id.wordpress.com pada address bar browser anda

2. Setelah anda membuka link tersebut, anda akan langsung menemui halaman utama Wordpress Indonesia. Untuk membuat blog wordpress baru, silahkan klik tombol “Buat Situs Web” letaknya di tengah-tengah halaman tersebut.
Cara Membuat Blog Gratis Sendiri

3. Setelah anda klik tombol tersebut, anda akan langsung disuguhkan langkah 1 yaitu halaman Buat Situs Anda Hari ini. Pada langkah yang pertama ini, anda diharuskan untuk membuat alamat situs blog anda. Hampir sama seperti langkah membuat alamat situs pada tutorial cara membuat blog di Blogger yang sudah kami sebutkan langkah-langkahnya di atas. Namun perbedaannya, dalam cara membuat blog di wordpress ini, ekstensi ataupun domain yang akan anda buat adalah .wordpress.com. Jika anda sudah menemukan alamat yang pas dengan pikiran anda dan alamat url tersebut belum digunakan oleh orang lain, maka akan ditandai dengan tanda centang berwarna hijau di samping penulisan alamat tersebut. Jika sudah berwarna hijau, maka langsung saja anda klik “Buat Situs Anda dan Lanjutkan
Cara Membuat Blog Gratis Sendiri

4. Selanjutnya maka anda akan masuk langkah ke 2. Disini anda diwajibkan untuk mengisi semua form yang terdapat disana. Untuk mengetahui bagaimana kegunaan dari masing-masing form tersebut bisa anda lihat dalam penjelasan secara detailnya sebagai berikut.
Cara Membuat Blog Gratis Sendiri

  • Alamat Situs Anda : Pada kolom ini silahkan anda isi dengan alamat situs yang sudah anda buat dalam langkah sebelumnya. Pastikan alamat tersebut sama dengan alamat yang anda masukkan sebelumnya tanpa ada perbedaan walaupun itu pada satu huruf sekalipun.

  • Surel : Pada kolom surel ini silahkan anda isi dengan alamat email anda. Pada hal ini Wordpress memakai bahasa Indonesia, karena dalam bahasa Indonesia email diartikan sebagai surel atau yang merupakan singkatan dari Surat Elektronik.

  • Nama Pengguna : Pada kolom ini silahkan anda masukkan nama anda sebagai nama pengguna blog yang akan anda buat. Nama pengguna tersebut akan berfungsi sebagai nama penulis blog anda saat membuat postingan.

  • Kata Sandi : Disini anda diwajibkan untuk memasukkan password anda. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa password ini akan berfungsi sebagai pengaman terhadap blog anda akan tidak gampang untuk diretas.
5. Setelah anda mengisi seluruh form yang disediakan disana, maka untuk menuju langkah selanjutnya silahkan anda klik “Langkah Berikutnya”.

6.Selanjutnya kita biasanya akan dihadirkan halaman “Cari Alamat Kustom”. Disini anda dihadirkan beberapa pilihan domain yang bisa anda beli dengan nominal yang sudah tertera disana. Namun jika anda ingin membuat blog gratis dengan Wordpress, maka langsung saja anda klik “Tidak, terima kasih” pada bagian pojok kanan bawah halaman tersebut.
Cara Membuat Blog Gratis Sendiri

7. Setelah itu anda akan langsung disajikan beberapa tema atau template yang bisa anda pilih sesuai dengan selera anda. Jika menurut anda template tersebut bagus untuk blog yang anda buat, langsung saja klik template yang anda pilih tersebut.
Cara Membuat Blog Gratis Sendiri

8. Setelah memilih tema, kita akan langsung disajikan halaman untuk memilih paket blog. Namun karena disini kita bertujuan untuk membuat website gratis, maka anda bisa klik tombol “Pilih Gratis” yang terdapat disana.
Cara Membuat Blog Gratis Sendiri

9. Selanjutnya blog anda sudah berhasil dibuat dengan semenarik mungkin. Pada langkah ini anda akan disajikan halaman dashboard blog Wordpress dengan berbagai panel tertentu.
Cara Membuat Blog Gratis Sendiri


Itulah cara membuat blog di Wordpress gratis dan pastinya dengan sangat mudah dan juga bisa anda lakukan secara cepat. Mungkin saat ini anda kebingungan dengan manakah situs penyedia layanan blog yang terbaik saat ini. Dan pastinya anda kebingungan memilih situs manakah yang sebaiknya anda pilih untuk membuat blog gratis. Namun anda tidak perlu bingung dengan itu semua, karena pada kesempatan kali ini kami juga akan membahas tentang perbandingan antara Wordpress dan Blogspot.

Sebenarnya secara dasar Wordpress dan Blogspot tersebut tidak banyak perbedaan. Bahkan bisa dibilang hampir sama dalam kegunaannya. Namun secara kemudahan dalam cara mendaftarnya, banyak yang bilang mudah mendaftar di Blogger jika dibandingkan di Blogspot. Hal itu karena dengan halaman blogger yang sangat simpel menjadikan blogger ini juga sangat simpel pula.

Dalam sisi pengelolaan juga demikian. Banyak masyarakat yang menyadari bahwa pengelolaan Wordpress ini lebih susah dibandingkan dengan mengelola Blog dari Google ataupun Blogger. Hal itu mungkin dikarenakan panel-panel dalam dashboard Wordpress yang terlalu banyak sehingga akan membuat penggunanya menjadi bingung akan kegunaan dari beberapa panel tersebut.

Hal yang bisa jadi merupakan patokan bagi masyarakat dalam memilih blog dengan hosting gratis dari Blogspot ini adalah tentang kemudahan dalam mencari uang antara keduanya. Memang dilihat dari berbaga cara membuat blog yang mengasilkan uang ini banyak yang menulis menggunakan blog gratis dari Blogger. Hal itu dikarenakan banyak yang menyadari bahwa optimasi dengan menggunakan blog dari Blogger lebih mudah dibandingkan dengan blog Wordpress yang gratisan.

Mungkin banyak dari anda yang menganggap pertanyaan dari kami kali ini terbalik dengan pembahasan yang terdapat di Google. Namun yang perlu anda ketahui bahwa Wordpress baik digunakan apabila dalam kondisi self host atau yang menggunakan hosting berbayar. Bukan blog Wordpress gratisan seperti yang kita bahas pada artikel kali ini. Untuk itu, kami menyimpulkan apabila anda ingin menghasilkan uang yang dikelola dari Blog, maka sebaiknya anda memilih blogspot karena blogspot lebih mudah dikelola dibandingkan dengan Wordpress yang sebenarnya memerlukan adanya hosting premium.

Namun bukan berarti blog gratisan dari Wordpress ini tidak mempunyai kelebihan. Kelebihannya adalah blog Wordpress.com ini bisa anda kelola di handphone. Serta dalam cara membuat blog lewat hp pastinya hanya bisa anda lakukan terhadap Wordpress.com saja. Karena tidak mungkin anda bisa membuat blog dari Blogger dengan menggunakan handphone anda. Walaupun itu bisa saja terjadi ketika anda menggunakan browser Google Chrome. Karena sejauh ini Google Chrome lah yang mendukung pembuatan blog di Blogger dan pengelolaannya menggunakan handphone. Selain browser tersebut bisa dipastikan anda tidak bisa mengelola blog di handphone kecuali memang blog yang berbasis wap.

Demikian informasi tentang cara membuat blog gratis sendiri yang bisa kami hadirkan untuk anda. Semoga dengan adanya artikel dari kami kali ini bisa bermanfaat bagi kita semuanya. Selain itu, jika anda menemukan berbagai kesalahan kami dalam memberikan informasi silahkan ada beri kritik dan juga saran di komentar untuk kami perbaiki selanjutnya.