CARA MEMBUAT AKUN GOOGLE PLAY STORE BARU DI ANDROID

Semua pengguna smartphone Android pasti tahu dengan fitur yang satu ini. Yups Google Play Store!! Fitur ini merupakan fitur salah satu fitur yang selalu ada pada perangkat Android, dengan Play Store kita bisa mendownload berbagai macam aplikasi dan juga permainan. Kamu bisa memilih apakah kamu ingin menginstall aplikasi berbayar atau yang gratis.

Aplikasi yang ada di Google Play Store sangat lengkap, jadi kamu bisa menggunakan aplikasi sesuka kamu. Namun untuk yang awam atau yang pertama kali menggunakan smartphone Android tentulah akan bingung ketika menggunakan fitur Play Store untuk pertama kalinya. Karena dalam penggunaan Play Store kamu akan diminta untuk mensinkronkan dengan akun gmail. Kamu bisa daftar gmail dulu lalu buat akun Play Store atau langsung membuat akun Google Play Store sekaligus daftar gmail. Dan saya rasa pilihan terakhir ini lebih praktis karena bisa membuat akun play store dan akun gmail sekaligus.

Untuk itu dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan atau memberi tutorial singkat kepada kamu yang belum tahu bagaimana cara buat akun Google Play Store baru di Android. Tanpa basa-basi lagi untuk menghemat waktu berikut langkah-langkahnya.

Daftar Cara Buat Akun Google Playstore di HP Android

1. Langkah awal silahkan kamu buka aplikasi Google Play Store  yang ada pada HP kamu. Di bawah ini contoh tampilan aplikasi play store pada smartphone.

daftar akun playstore

2. Beriktunya akan muncul halaman Tambahkan Akun Google, pada halaman ini terdapat dua opsi yaitu Yang sudah ada (pilih opsi ini jika kamu sudah punya akun gmail sebelumnya) dan Baru (pilih opsi ini jika kamu belum punya akun gmail). Pada gambar di bawah saya ilustrasikan dengan memilih opsi Baru.
cara buat akun google play store

3. Lalu akan muncul halaman Nama Anda, silahkan masukkan nama depan kamu pada baris pertama dan nama belakang kamu pada baris di bawahnya. Contoh ilustrasi pada gambar di bawah saya membuat nama "Buat" untuk nama pertama dan nama "akun" untuk nama belakang. Selanjutnya pilih dan klik(sentuh) opsi selanjutnya seperti yang ditunjuk arah panah kuning di bawah.

cara membuat akun google play store

4. Halaman yang muncul berikutnya ialah halaman Pilih nama pengguna, jadi kamu harus memasukkan nama yang akan kamu gunakan untuk alamat gmail. Pada ilustrasi gambar di bawah saya mencoba memasukkan nama buatakun. Sehingga nanti akan menjadi buatakun@gmail.com. Selanjutnya pilih dan klik(sentuh) opsi selanjutnya seperti yang ditunjuk arah panah kuning di bawah.

cara membuat akun play store

5. Namun ternyata nama di atas (buatakun) tidak tersedia, jadi pada halaman Ganti nama pengguna silahkan kamu pilih dan klik(sentuh) opsi Sentuh untuk melihat seperti yang ditunjuk arah panah kuning di bawah.
cara buat akun play store

6. Maka akan muncul beberapa nama yang disarankan untuk kamu bisa pakai sebagai alamat gmail kamu. Pada ilustrasi di bawah saya akan pilih abuat0526.

cara buat play store

7. Setelah itu akan muncul halaman Buat sandi, kamu harus membuat kata sandi minimal 8 karakter dengan perpaduan huruf dan angka maupun karakter lainnya. Sehingga akan sulit ditebak oleh orang lain namun dengan catatan mudah kamu hafal. Kata sandi yang kamu buat masukkan pada yang ditunjuk arah panah 1 dan masukkan kembali kata sandi tersebut pada yang ditunjuk arah panah 2, lalu pilih dan klik(sentuh) opsi selanjutnya seperti yang ditunjuk arah panah kuning di bawah.

daftar akun google play store

8. Selanjutnya akan muncul halaman Pemulihan sandi Google. Jika kamu takut lupa kata sandi dikemudian hari kamu bisa memilih opsi Siapkan opsi pemulihan. Namun jika tidak, kamu bisa langsung memilih Lain kali untuk mempersingkat waktu.

cara buat google play store

9. Setelah itu akan muncul halaman Layanan Google langsung saja pilih dan klik(sentuh) opsi selanjutnya seperti yang ditunjuk arah panah merah di bawah.

cara buat akun play store dengan gmail

10. Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman Tuntaskan akun, langsung saja pilih dan klik(sentuh) Saya setuju
cara buat akun play store mudah

11. Lalu kamu akan diminta untuk memasukkan kode Captcha yang sudah disediakan. Jika sudah, langsung pilih dan klik(sentuh) opsi selanjutnya seperti yang ditunjuk arah panah merah pada lingkaran kuning di bawah.

cara buat akun playstore

12. Lalu kamu akan dibawa ke halaman Siapkan info pembayaran, langsung saja pilih dan klik(sentuh) LEWATI.
cara daftar akun playstore


13. Lalu akan muncul halaman persetujuan, langsung klik(sentuh) TERIMA.

cara membuat akun playstore

Maka sebentar lagi akan muncul halaman utama Google Play Store. Itu menandakan kamu sudah berhasil membuat akun Google Play Store. Cara ini sangat mudah dan mungkin hanya butuh waktu kurang lebih 10 menit kamu sudah bisa membuat akun Play Store ini.

Selamat download aplikasi sepuasnya! Hehehe